Starlink Sah Masuk RI Semua Provider Internet RI Digandeng

22 April 2024

Starlink Sah Masuk RI Semua Provider Internet RI Digandeng

Jakarta, CNBC Indonesia - Starlink bersiap beroperasi di Indonesia. Salah satunya terlihat dari kerja sama bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

APJII mengumumkan melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Starlink melalui PT Starlink Services Indonesia. Memorandum of Understanding (MoU) itu dilakukan untuk meningkatkan akses di seluruh Indonesia.

Ketua Umum APJII, Muhammad Arif menjelaskan kerja sama ini bisa bermanfaat bagi ekosistem internet dalam negeri. Misalnya memperluas jangkauan yang dimiliki oleh penyedia jasa internet Indonesia.

"Dengan mengintegrasikan layanan Starlink dengan infrastruktur yang sudah ada, bisnis ISP lokal dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan kualitas layanan mereka, sementara Starlink juga dapat memanfaatkan jaringan yang sudah terbangun untuk mencapai lebih banyak pengguna di seluruh Indonesia," jelasnya dikutip dari keterangan resmi, Senin (22/4/2024).

Sementara dari segi teknologi, kerja sama diyakini bisa memberikan akses internet yang lebih baik lagi. Terlebih Starlink disebut mampu memberikan akses berkualitas untuk daerah terpencil melalui teknologi low-earth orbit (LEO).

Dia mengatakan cukup antusias dengan kerja sama ini. Namun tetap menekankan bisa tetap menjaga bisnis yang sudah ada di Indonesia.

"Kami sangat antusias bekerja sama dengan Starlink untuk meningkatkan akses internet di Indonesia. Namun, kami ingin menegaskan bahwa Indonesia bukan hanya pasar bagi Starlink. Kami berharap kerjasama ini dapat terjalin dalam suasana saling menghormati dan saling menguntungkan, tanpa merugikan bisnis lokal," kata Arif.

Kehadiran Starlink diharapkan juga bisa memperluas jaringan internet di daerah yang belum terhubung. Dengan begitu dapat memberikan kontribusi positif untuk pembangunan ekonomi serta sosial di daerah tersebut.

"Dalam upaya meningkatkan kualitas akses internet, terutama di daerah perdesaan, APJII juga mendorong Starlink untuk berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas layanan internet. Fokus utamanya adalah menyediakan akses yang stabil dan terjangkau bagi masyarakat di seluruh Indonesia, terutama di daerah yang terbatas oleh ketersediaan infrastruktur dan biaya implementasi yang tinggi," jelas Arif.

"Kehadiran Starlink diharapkan dapat memperluas jangkauan layanan internet berkualitas dan terjangkau di daerah-daerah yang sebelumnya sulit terhubung, sehingga memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi dan sosial di daerah tersebut," imbuhnya.