Apjii

JAKARTA - Asosiasi Penyelenggar Jasa Internet Indonesia (APJII) akan membantu dalam memulihkan akses informasi di Sumatera Barat. Bantuan yang diberikan APJII di antaranya adalah enam perangkat VSAT.

Keenam perangka VSAT tersebut digunakan APJII untuk mempelancar akses telekomunikasi di kawasan yang terisolasi karena putusnya jaringan telekomunikasi, akibat kekurangan pasokan listrik.

"Enam VSAT yang diinstal tersebut akan diandalkan sebagai alternatif koneksi data melalui satelit, untuk menyediakan akses internet gratis bagi masyarakat," jelas Wakil Ketua APJII Sammy Pangerapan, saat mengikuti rapat khusus di Gedung Depkominfo, Jakarta, Kamis (1/10/2009).

"Kami juga menyediakan akan 50 unit mobile broadband internet yang bisa terintergrasi dengan VSAT. Dan 20 radio yang akan kami pasang di pusat-pusat pengungsian," sambungnya.

Selain mengirim VSAT dan mobile broadband internet, APJII juga menyediakan 2 genset untuk menunjang VSAT itu, dengan masing-masing memiliki daya 1000 watt.

Tidak hanya APJII, PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) akan berkerja sama dengan APJII dan Yayasan Air Putih untuk mengirimkan VSAT ke wilayah gempa dan akan memberikan akses internet gratis selama satu sampai dua bulan. PSN menyatakan selain perangkat tambahan lainnya ada perangkat mobile dan Fix Satelit.