OPEN POLICY MEETING (OPM) - RAPAT KERJA NASIONAL (RAKERNAS) APJII 2016

 

opmrakernas

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) sebagai organisasi yang semula hanya menaungi Penyelenggara Jasa Internet seluruh Indonesia sejak MUNASLUB AD/ART Desember 2015 makin berkembang dalam usaha mendorong iklim yang kondusif bagi berbagai usaha yang terkait dengan IP telah terbuka untuk untuk umum kini telah berusia 20 tahun (15 Mei 2016).

Seperti diketahui, pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia sebenarnya memiliki potensi yang sangat besar dan seharusnya merupakan pasar yang potensial bagi Penyelenggara Jasa Internet.

APJII-IDNIC, yang bertugas melakukan pengelolaan penomoran Protokol Internet (IP Address) di Wilayah Republik Indonesia dan juga merupakan National Internet Registry (NIR) Indonesia di bawah ASIA PACIFIC NETWORK INFORMATION CENTER (APNIC) yang berpusat di Australia.

OPEN POLICY MEETING (OPM), merupakan salah satu sarana bagi APJII-IDNIC guna memberikan informasi dan perkembangan IP Address kepada seluruh anggotanya yang berjumlah sekitar 804 (delapan ratus empat) dari berbagai bidang usaha dan institusi juga akan dihimpun berbagai masukan dari sleuruh anggota berkenaan dengan langkah-langkah yang akan ditempuh APJII-IDNIC kedepannya sehingga dapat lebih mengakomodir kepentingan seluruh anggotanya.

Adapun topik dalam Open Policy Meeting adalahsebagai berikut :

  1. IP Version 6 Development Plan and Policy Champion Community of IP Version 6
  2. Internet Protection & Safety
  3. Internet Exchange Community

Selain diadakannya Open Policy Meeting (OPM) juga diadakan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) yang akan dihadiri oleh seluruh anggota APJII yang berjumlah sekitar 310 (tiga ratus sepuluh) Perusahaan Internet Service Provider (ISP) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sedangkan dalam RAKERNAS  selain dilaporkan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh Dewan Pengurus juga akan dihimpun berbagai masukan dari seluruh anggota berkenaan dengan langkah-langkah yang akan ditempuh APJII pada periode kerja berikutnya sehingga dapat lebih mengakomodir kepentingan seluruh anggotanya.

Rapat kerja Nasional (RAKERNAS) akan mendiskusikan/membahas Laporan Pertanggungjawaban masing-masing dari Dewan Pengurus Pusat, Pengurus-pengurus Wilayah, dilanjutkan dengan Diskusi Terbuka dan Tanya Jawab serta paparan atas Pengawasan oleh Dewan Pengawas terhadap kinerja kerja Dewan Pengurus Pusat dan issue-issue lainnya.

Untuk Open Policy Meeting (OPM) dan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) APJII 2016 akan diadakan di Swissbelhotel Harbour - Bay Batam yang akan diselengaarakan pada tanggal 30-31 Mei 2016